Danau Tolire






Jika singgah ke Ternate sempatkan barang sejenak mampir ke danau Tolire. Tahun 2013 bulan November saya mendapatkan kesempatan mengunjungi Ternate. Kawan saya d Ternate mengajak saya mengunjungi Danau Tolire. Danau ini terletak 10 km dari pusat kota Ternate. Sebenarnya danau Tolire ini ada, yaitu Tolire Besar dan Tolire Keci. Keduanya hanya dipisahkan jarak 200 meter. Danau Tolire Besar lah yang akan saya ceritakan disini.

danau-tolire

Bentuknya tidak seperti danau pada umumnya. Permukaan air danau terletak 50 meter di bawah dari pinggir danau. Bentuk danau ini seperti loyang raksasa sehingga lebih mirip sumur raksasa daripada danau. Sampai sekarang belum ada yang mengetahui kedalaman danau tersebut. Menurut hikayat leluluhur danau ini memiliki kedalaman berkilo-kilo meter hingga terhubung ke laut. Terletak di bawah kaki gunung Gamalama dan airnya berwarna hijau membuat danau ini terkesan magis.

Menurut hikayat danau ini dulunya adalah sebuah kampung yang masyarakatnya hidup sejahtera. Kampung ini kemudian dikutuk oleh penguasa alam semesta karena salah seorang ayah di kampung itu menghamili anak gadisnya sendiri. Saat ayah dan anak gadisnya yang dihamilinya itu akan melarikan diri ke luar kampung, tiba-tiba tanah tempat mereka berdiri anjlok dan berubah menjadi danau. Danau Tolire Besar dipercaya sebagai tempat si ayah. Sedangkan Danau Tolire Kecil diyakini sebagai tempat si gadis. Oleh karenanya Danau Tolire ini disebut juga dengan Lubang Kampung Tenggelam atau dalam bahasa Ternate disebut Tolire Gam Jaha.

https://id.wikipedia.org/wiki/Danau_Tolire



gtag('config', 'UA-109654239-1');



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *