Google Suite

google-suite

Ingin memiliki email dengan domain sendiri dan fasilitas seperti gmail? Cobalah Google Suite.

Diluncurkan dengan nama Google App pada 28 Agustus 2006 layanan ini mengganti namanya menjadi Gogle Suite pada 29 September 2016. Saat awal duluncurkan Google App menawarkan 100 akun email gratis untuk setiap domain yang didaftarkan. Kemudian penawaran email gratis ini dikurangi menajdi 50, 10, 1 dan kemudian dihentikan sama sekali pada 6 Desember 2012. Layanan ini ditawarkan dengan pilihan harga paling murah sebesar $3 untuk paket Basic, ini sekitar Rp. 40.000. Dengan paket basic Anda mendapatkan banyak keuntungan seperti salah satunya penyimpanan email dan Google Drive sebesar 30 GB. Jika menginginkan fitur yang lebih baik sila pilih paket Business atau Enterprise.

Di situsnya mereka menyebutkan tak kurang dari 5 juta bisnis telah menggunakan layanan Google Suite. Tidak jelas betul berapa banyak yang menggunakan layanan gratis dan berbayar.

Sejak 2012 saya mengelola 2 domain milik organisasi yang memanfaatkan Google app. Kedua domain tersebut didaftarkan pada layanan Google app sejak 2010 sehingga mendapatkan 50 akun gratis per domain. Akun gratis ini terus berlaku hingga sekarang.

tampilan-konsol-admin-google-suite
Tampilan konsol admin Google Suite

Tertarik dengan layanan inI saya mendaftarkan domain pribadi dan mendapat 10 akun email gratis. Tentu saja saya tak perlu memakai 10 akun tersebut. Diluncurkannya domain.id memaksa saya harus membeli domain nasir.id. Kapan lagi punya domain keren memakai nama sendiri , mumpung belum dibeli orang lain. Sejak setahun yang lalu domain ini saya daftarkan pada Google Suite Basic dengan akun email nasir@nasir.id.  Karena layanan free sudah tidak ada lagi maka saya harus membayar $3 perbulan yang ditagihkan lewat kartu kredit.

Agar akun email yang telah kita daftarkan pada Google Suite dapat bekerja dengan baik, jangan lupa untuk mengatur MX records domain Anda.

Meskipun tidak ada kompetitor yang memberikan layanan yang sama persis dengan Google Suite, Office 365 dari Microsoft seringkali dibanding-bandingkan dengan Google Suite. Bagi saya kedua layanan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan tak bisa dibandingkan begitu saja. Kebetulan saya memakai keduanya.

Ingin berdiskusi lebih lanjut? Saya dapat dihubungi di nasir@nasir.id.



gtag('config', 'UA-109654239-1');



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *