Mobil Masa Depan itu Dimulai oleh Tesla

Tesla-mobil-car






Akhirnya Tesla resmi meluncurkan model S untuk pasar umum. Seremoni peluncuran pada 28 Juli ini ditandai dengan penyerahan 30 sedan tersebut kepada pembeli. Mobil ini dijual dengan harga $3500 sebelum dipotong subsidi.

Tesla, inc, perusahaan yang memproduksi mobil listrik ini didirikan oleh Martin Eberhard dan Marc Tarpenning. Nama Tesla dipilih untuk menghomrati salah satu ilmuwan besar Nicolas Tesla. Sebelumnya kedua orang tersebut pada 1997 mendirikan NuvoMedia yang memproduksi Rocket eBook dan kemudian menjualnya ke Gemstar-TV Guide International sebasar $187 juta. Rocket eBook merupakan e-reader komersial pertama jauh sebelum Kindle dikenal.

Kedua pendiri Tesla tersebut bertemu dengan Musk saat Musk mulai sibuk dengan proyek Spacex. Musk yang awalnya agak skeptis kemudian menyuntikkan dana $7,5 juta dan menjadikannya sebagai komisaris utama. Ian Wright dan J.B. Strauble yang awalnya sudah kenal Musk kemudian bergabung dengan Tesla. Kelima orang inilah yang dianggap sebagai pendiri Tesla. Kini Tinggal Elon Musk dan J.B. Straubel yang masih di Tesla

Saat Tesla didirikan sebenarnya sudah terdapat mobil listrik yang diproduksi masal yaitu Toyota Prius. Mobil yang diluncurkan pertama kali tahun 1997 ini masih menngunakan teknologi hybrid, belum sepenuhnya menngunakan listrik. Mimpi Musk lebih besar daripada itu. Musk menginginkan mobil yang sepenuhnya tanpa menggunakan energi fosil, harga terjangkau dan juga harus keren.

Sebelum mendirikan Tesla, Musk memiliki 11,7% saham di Paypal. Akuisisi eBay terhadap paypal pada Oktober 2002 menghasilkan $165 juta untuk Musk. Musk menginvestasikan uang tersebut ke berbagai perusahaan diantaranya; SpaceX, SolarCity dan tentu saja Tesla.

Butuh hampir 3 tahun bagi Tesla untuk membuat purwarupa mobil listrik. Model Roadster pertama kali diluncurkan pada tahun 2006. Model ini merupakan mobil masal pertama yang sepenuhnya digerakkan energi listrik. Selanjutnya Tesla mengeluarkan model S (2009) dan model X (2012). Ketiga model tersebut masih terlalu mahal dengan harga paling murah $71.000. Pandangan publik di masa lalu bahwa mobil listrik itu lamban dan gak keren berhasil dipatahkan oleh Tesla.

Perjalanan Tesla tidak berjalan mulus, beberapa kali sempat mengalami permasalahan serius . Martin Eberhard yang menjadi CEO sejak berdiri, dicopot dari jabaatannya pada 2007 dan keluar dari Tesla pada 2008. Di bawah kepemimpinannya Tesla dianggap tidak mengalami kemajuan signifikan, bahkan cenderung menghambur-hamburkan uang investor. Tahun 2008 Tesla – dan juga Spacex – nyaris di ambang kebangkrutan. Ketiga peluncuran Spacex gagal dan Tesla belum juga menjual banyak mobil. NASA menyelamatkannya ketika Musk mendapatkan uang $1,6 milyar untuk 12 kali peluncuran.

Pada Juni 2010 Tesla melakukan melakukan IPO dengan menjual 13,3 juta saham seharga $17 perlembar. Kini harga sahamnya mencapai peningkatan 1600% dibandingkan saat IPO dan market cap Tesla melebihi GM dan Ford.

Dengan rencana Tesla yang akan memproduksi 500.000 mobil pertahun akan ada kebutuhan baterai yang sangat besar. Untuk itu pada tahun 2014 Tesla bekerjasama dengan Panasonic dan partner strategis lainnya mendirikan Gigafactory yang memproduksi baterai ion lithium . Direncanakan pada tahun 2018 perusahaan yang berlokasi di Nevada ini bisa beroperasi dengan penuh dan diperkirakan mampu memproduksi baterai ion lithium lebih banyak dibandingkan seluruh pabrikan ion lithium di dunia pada tahun 2013.

Pengendara mobil Tesla juga dimudahkan dengan dibangunnya stasiun pengisian baterai yang dibangun di jalanan Amerika. Stasiun pengisian ini dibangun oleh Solarcity, perusahaan lain milik Musk.

Energi fosil yang kian habis mengharuskan kita berpikir untuk mencari energi laternatif lain dan energi matahari menjadi salah satu pilihan penting. Diperkirakan konsumsi BBM akan mencapai puncak di tahun 2040 kemudian akan menurun drastis.

Menjadi pelopor teknologi mobil listrik memberikan kesempatan Tesla meraup keuntungan besar. Namun musk punya pandangan lain. Pada Juni 2014 semua paten yang dimiliki Tesla dibuka ke publik. Menurut Musk, cara ini sesuai dengan cita-cita didirikannya Tesla yaitu mempercepat adopsi alat transpotasi yang berkelanjutan.

Apapun yang terjadi, Musk dan Tesla akan dikenang sebagai pelopor kendaraan masa depan yang ramah energi.

3 thoughts on “Mobil Masa Depan itu Dimulai oleh Tesla”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *